Tags

,


An Economist Intelligence Unit (EIU) menempatkan Belanda pada urutan kedelapan untuk “The World’s Most Innovative Countries“. Inovasi sepertinya telah mengakar kuat dalam kehidupan masyarakat Belanda sejak berabad-abad lampau. Dengan kondisi topografis yang kurang menguntungkan karena hampir 2/3 wilayahnya berada pada ketinggian kurang dari 1 m dpl, mengharuskan masyarakat Belanda untuk terbiasa thinking out of the box. Siapa yang akan mengira negara ini pada akhirnya mampu menjinakkan badai dan banjir yang menjadi musuh terbesar mereka sejak dahulu kala dengan membangun bendungan-bendungan raksasa? Dengan kemampuan seperti itu tampaknya Tuhan telah menganugerahi orang-orang Belanda dengan bakat yang luar biasa untuk terus berkreasi dan berinovasi.

Koninklijke Philips Electronics N.V. (Royal Philips Electronics of The Netherlands) atau biasa disebut dengan Philips, salah satu perusahaan consumer market terbesar di dunia asal Belanda juga menanamkan inovasi kedalam core business mereka. Sejak didirikan pada tahun 1891 oleh Frederik Philips dan anaknya Gerard, perusahaan ini terus mengembangkan teknologinya dari hanya berfokus pada bola lampu hingga kini bisa memproduksi berbagai macam peralatan elektronik dan kesehatan. Tanpa thinking out of the box dan terus berinovasi mustahil rasanya bisa melihat Philips terus berkembang menjadi perusahaan besar hingga saat ini. Berbagai macam penghargaan juga berhasil mereka raih atas prestasi dan inovasi-inovasi yang telah mereka ciptakan. Salah satunya adalah penghargaan dari Dutch Design Award (DDA) dalam kategori The Best Professional Product untuk keberhasilan mereka “menjaring bintang”¬† dan menempatkannya di Catharina Square, pusat kota Eindhoven.

FreeStreet Lighting System untuk pertama kalinya diperkenalkan ke publik pada bulan April 2012

The Philips FreeStreet Lighting System adalah inovasi baru dibidang pencahayaan dengan meminimalisir penggunaan tiang lampu dan mampu menghemat energi hingga 40% bila dibandingkan dengan lampu jalanan pada umumnya. Dirancang dengan konsep yang tidak biasa, FreeStreet Lighting System mampu memberikan jawaban akan kebutuhan tata ruang yang lebih lapang, rapi, dan fleksibel untuk menopang aktivitas dan mobilitas masyarakat yang cukup tinggi. Selain itu FreeStreet juga menjawab tantangan untuk mengurangi polusi cahaya dan pemborosan energi di kota-kota besar. Menurut NGO Inggris, The Campaign to Protect Rural England (CPRE), polusi cahaya menyebabkan pemborosoan energi dan polusi udara. Selain itu cahaya artifisial yang berlebihan dapat mengganggu waktu tidur dan membunuh keindahan langit di malam hari. Beruntung, Philips hadir dengan inovasi cemerlangnya.

Peter F. Drucker, seorang pakar manajemen yang dijuluki The Man Who Invented Management oleh Business Week, menyatakan:

“The enterprise that does not innovate inevitably ages and declines. And in a period of rapid change such as the present, an entrepreneurial period, the decline will be fast.”

Semakin jelas mengapa pemerintah Belanda sangat mendorong warganya untuk terus berinovasi. Bahkan pemerintah Belanda menjadikan Ministry of Economic Affairs, Agriculture and Innovation sebagai pusat informasi pemerintah dibidang inovasi, ekspor dan keuangan. Pemerintah Belanda berkomitmen untuk terus menciptakan iklim investasi yang kondusif bagi dunia usaha dan memberikan ruang bagi para pengusaha untuk terus berinovasi dan berkembang.

Jadi jangan heran jika perusahaan-perusahaan di Belanda seperti Philips tidak akan pernah bosan untuk terus berinovasi, kalau sekarang mereka dapat menjaring bintang, bukan tidak mungkin suatu saat mereka bisa membuat pesawat ruang angkasa yang mampu menjelajah antar galaksi. Siapa tahu?

Sumber:
http://www.design.philips.com/philips/sites/philipsdesign/about/design/designnews/newvaluebydesign/may2012/floating_lines_of_light.page
http://www.designboom.com/weblog/cat/16/view/20753/philips-freestreet-lighting-design.html
http://www.government.nl/ministries/eleni
http://ozgurzan.com/2011/01/06/what-did-peter-drucker-said-about-entrepreneurship/
http://www.cpre.org.uk/what-we-do/countryside/dark-skies/the-issues