study_hard_by_DomoBraden_3_-3795Bagi pelaksana golongan dua seperti saya ini, Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP) adalah saat yang paling dinanti. Namun sayangnya untuk menghadapinya bak mendaki gunung terjal yang tinggi lagi licin. Belukar yang berduri tajam menjadi penasbih bahwa jalan yang dilalui sungguh sulit. Terpeleset sedikit saja, siap-siap untuk jatuh dan mengulang kembali dari pijakan yang pertama.

Tahun lalu saya sempat gagal, hanya lulus di tes psikologi. Tes Potensi dan Wawasan Kebangsaan hasilnya tak sesuai harapan. Tak ingin mengulangi kegagalan kedua kalinya, tahun ini saya berusaha belajar lebih giat lagi di banding tahun lalu. Tak peduli volume pekerjaan di akhir tahun yang padat dan juga jadwal UAS yang semakin dekat, tahun ini saya harus memberikan yang terbaik.

Menghadapi ujian Wawasan Kebangsaan saya terinspirasi oleh blog Jari Mungil Saya memutuskan untuk memodifikasi modul yang ada ke dalam bentuk soal pilihan ganda. Dengan cara seperti itu, akan lebih fokus daripada membaca 5 modul satu persatu.

Untuk Tes Potensi, saya sudah mengikuti TPA Otto Bappenas melalui Pusat Analisis Data Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Saya ingin mengukur kemampuan akademik saya sekaligus mengetahui kelemahan-kelemahan yang saya punya. untuk Tes Psikologi sendiri, karena sudah sering ikut tidak ada persiapan khusus selain berlatih berhitung cepat dan menggambar pohon dan manusia.

Bagi teman-teman yang senasib dengan saya dan ingin berbagi tips atau berdiskusi silahkan tinggalkan pesan di bawah. Semoga yang di atas sana meridhoi usaha kita.

Soal UPKP V 2015