Tags


Tugas Hari Pertama : Menulis Berita On The Spot (Strike News)
Laporan Pembukaan Bimtek Jurnalistik dan Manajemen Media

Menulis Adalah Seni

“Write is an art!” Sebuah kalimat pendek yang dilontarkan Sekditjen PBN Siswo Sujanto saat membuka Bimtek Jurnalistik dan Manajemen Media di Auditorium Piet Hardjono Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan, Jakarta, hari ini.

DALAM pidatonya Siswo mengatakan kegiatan bimtek ini adalah dendam pribadinya selama lebih dari 15 tahun sejak bergelut dibidang jurnalistik. Siswo bercerita, diawal perkenalannya dengan dunia jurnalistik dia sempat kesulitan menemukan buku-buku tutorial yang membahas secara sistematis teknis penulisan yang baik dalam dunia jurnalistik. Untuk memenuhi rasa keingintahuannya itu, dia pun harus merelakan waktunya keluar masuk pasar loak mencari buku-buku yang dimaksud.  Hingga akhirnya tulisannya satu persatu dimuat di surat kabar.

“Menulis adalah sebuah seni,” tegas Siswo kepada para peserta. Menulis menurut dia ,membutuhkan banyak latihan dan teknik khusus agar tulisan tersebut dapat diterima oleh khalayak. Begitu juga dengan gambar yang dijadikan objek dalam sebuah karya jurnalistik, disamping memiliki nilai seni juga harus mampu mewakili keseluruhan pesan yang terkandung dalam tulisan tersebut.

Treasury Indonesia, majalah keuangan Ditjen Perbendaharaan, adalah salah satu wahana komunikasi yang diharapkan mampu menyampaikan informasi kepada masyarakat luas. Namun karena jadwal cetaknya yang tidak menentu, informasi yang akan disampaikan menjadi kurang dan terasa kering. Berawal dari sinilah Bimtek Jurnalistik yang sedianya berlangsung dari tanggal 9 hingga 13 Maret 2009 diselenggarakan. Membekali para pegawai di lingkungan Ditjen PBN yang mempunyai ketertarikan dengan dunia tulis menulis dengan pengetahuan-pengetahuan dasar dibidang itu.

Diharapkan seluruh peserta bimtek ini dapat memberikan kontribusi dengan mengirimkan berita-berita dan artikel-artikel yang bermutu secara teratur ke meja redaksi. Dengan demikian Treasury Indonesia yang selama ini terkesan hidup segan mati tak mau, akan menjadi media yang benar-benar hidup memberikan berita-berita bermutu yang melegakan dahaga para pembacanya.

Catatan: Metode penulisan berita On the Spot (Strike News) adalah metode penulisan dengan melakukan kutipan-kutipan langsung dari sumber berita untuk memperkuat narasi yang telah dibuat.

Diposkan di Multiply pada 10 Maret 2009 10:37 PM